logo batamtoday
Minggu, 17 November 2019
PKP


Pelajar Indonesia di Arab Saudi Ikuti Festival Lomba Olimpiade dan Kreativitas Siswa
Senin, 21-10-2019 | 13:52 WIB | Penulis: Redaksi
 
Kemendikbud melalui Atdikbud KBRI Riyadh menyelenggarakan pekan FLOKS untuk Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Arab Saudi. (Kemendikbud)  

BATAMTODAY.COM, Jeddah - Kemendikbud melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh menyelenggarakan pekan Festival Lomba Olimpiade dan Kreativitas Siswa (FLOKS) untuk Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Arab Saudi.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, yakni pada 16 - 18 Oktober 2019, dengan mengangkat tema 'Gali Potensi, Raih Prestasi'. FLOKS 2019 diikuti oleh tiga SILN di Arab Saudi, yaitu Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah Indonesia Makkah, serta satu kelompok belajar dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Madinah.

Tahun 2019 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan FLOKS yang telah diinisiasi sejak tahun 2017. Kegiatan FLOKS SILN Se-Arab Saudi ini diikuti oleh 180 peserta dari jenjang Pendidikan SD, SMP dan SMA, dan 24 guru pendamping yang berasal dari tiga sekolah yaitu Sekolah Indonesia Riyadh (SIR), Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Makkah (SIM) serta satu kelompok belajar dari PKBM Madinah. Jumlah keseluruhan siswa SILN di Arab Saudi kurang lebih sebanyak 1.800 siswa.

Jenis perlombaan yang dipertandingkan pada FLOKS 2019 terdiri atas 17 cabang lomba, yaitu: Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA, Olimpiade Biologi, Olimpiade Fisika, Olimpiade Kimia, Olimpiade IPS, Tari Kreasi Tradisi Inovatif, Menyanyi Solo, Tahfidz Al-Quran, Pidato (Bahasa Indonesia, dan Bahasa Arab), Baca Puisi, Story Telling, Debat Bahasa Inggris, Desain Poster, Film Dokumenter, Futsal, dan Tenis Meja.

Festival Lomba Olimpiade dan Kreativitas Siswa (FLOKS) diselenggarakan sebagai ajang untuk memfasilitasi dan memberikan motivasi, minat, prestasi, sportivitas, serta daya kreativitas siswa Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) khususnya yang berada di wilayah akreditasi Kerajaan Arab Saudi. Kegiatan FLOKS bertujuan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang matematika, sains, kajian sosial, seni, literasi pengetahuan dan teknologi, seni, serta kreativitas siswa.

Pembukaan FLOKS SILN se-Arab Saudi dilaksanakan pada Rabu, 16 Oktober 2019, di Gedung Kingdom Hall for Celebration Ar Rehab yang berjarak sekitar 700 meter dari Sekolah Indonesia Jeddah. Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Kegiatan FLOKS, Abdulloh Syifa, yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah Indonesia Riyadh, menyampaikan pentingnya berkompetisi dengan tetap mengedepankan integritas serta menjadikan kegiatan ini sebagai sarana untuk bersilaturahmi antarsiswa maupun guru dan tenaga kependidikan di Arab Saudi.

Kegiatan FLOKS SILN Arab Saudi tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Acting Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Safaat Ghofur. Pada kesempatan tersebut, Safaat menyampaikan bahwa pelaksanaan FLOKS ini mendukung program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan tangguh.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Achmad Ubaedillah, berharap agar kegiatan FLOKS ini dapat terus berlangsung di tahun-tahun mendatang karena melalui ajang FLOKS ini banyak bibit-bibit unggul yang membanggakan. Ia menuturkan, banyak siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia salah satunya karena memiliki prestasi di ajang FLOKS ini. Ia juga menegaskan bahwa ajang FLOKS ini tidak hanya memperlombakan kecerdasan materi, tetapi juga lomba seni.

"Debat, desain poster, film dokumenter dan sebagainya adalah hal yang tidak kalah pentingnya dalam proses belajar mengajar," ujarnya, mengutip siaran pers Kemendikbud RI.

Ubaedillah berharap kegiatan FLOKS semakin tahun semakin berkualitas serta menjadi ajang untuk menggali potensi diri sekaligus juga untuk belajar bertanding secara sportif. "FLOKS penting, tetapi yang lebih penting menjaga integritas pelaksanaan FLOKS agar berjalan fairplay," tuturnya.

Perlombaan FLOKS dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Oktober 2019, di dua lokasi, yaitu di Gedung Sekolah Indonesia Jeddah dan Gedung Balai Nusantara KJRI Jeddah. Perlombaan FLOKS tahun ini memperebutkan 31 medali emas, 31 medali perak, dan 31 medali perunggu serta piala bergilir bagi juara umum dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh.

Juri dan wasit pertandingan FLOKS berasal dari staf lokal, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Jeddah, dan expatriat Indonesia di Jeddah yang ahli di cabang perlombaan yang dipertandingkan. Sementara itu untuk korektor olimpiade Matematika, IPA, IPS, Biologi, Fisika, dan Kimia, dibantu oleh empat orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang magang di Kantor Atdikbud KBRI Riyadh.

Penutupan kegiatan FLOKS SILN Arab Saudi dilaksanakan di Gedung Balai Nusantara KJRI Jeddah pada Jumat, 18 Oktober 2019. Juara umum FLOKS SILN se-Arab Saudi tahun 2019 diraih oleh kontingen Sekolah Indonesia Riyadh yang berhasil mengoleksi 14 medali emas, 11 medali perak dan 9 medali perunggu. Hadiah dan medali kepada para pemenang diserahkan langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, dan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

FLOKS diharapkan dapat memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan siswa SILN di Arab Saudi.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit