logo batamtoday
Kamis, 25 April 2024
JNE EXPRESS


Lingga Timur Fokus Program Pembinaan Desa di 2019
Senin, 17-12-2018 | 18:40 WIB | Penulis: Bayu Yiyandi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemerintah Kecamatan Lingga Timur akan memfokuskan sejumlah program pembinaan dan pengawasan desa pada 2019 mendatang. Salah satunya optimlisasi BUMDes setempat.

"2019 mendatang, program yang menjadi prioritas adalah peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui optimalisasi BUMDes sesuai dengan potensi masing-masing desa. Di wilayah kita ini ada 6 desa," kata Sekretaris Camat Lingga Timur, Said Hendrik kepada BATAMTODAY, Senin (17/12/2018).

Seperti di Desa Sungai Pinang, kata Hendrik, akan mengoptimalkan BUMDes di desa tersebut sesuai potensi yang ada, yakni perikanan.

Kemudian untuk Desa Keton, akan dikembangkan dari sektor pertanian sagu. Sagu kotor diolah menjadi sagu bersih. Selain itu diberdayakan kreativitas masyarakat dari segi anyaman.

"Bahan baku lokal banyak dan ini memang potensi desanya, serta kita tingkatkan kerajinan kreatif yang lebih baik daripada tren," ujarnya.

Untuk Desa Bukit Langkap, tetap mendukung visi dan misi Bupati Lingga di sektor sawah. Diharapkan orang bisa tersedianya pupuk subsidi, organik dan bibit-bibit yang murah.

Selain itu, lanjut Hendrik kecamatan juga akan melakukan peningkatan kinerja terhadap pelayanan pajak dan retribusi daerah, melalui tim koordinator, di antaranya pajak reklame, Pajak Bumi Bangunan (PBB), pajak Izin Membuat Bangunan (IMB) dan lain sebagainya.

"Nanti dari hasil perikanan kita dorong desa melalui BUMDes memuat usaha penampungan hasil perikanan. Lalu buat toko alat tangkap dan sembako. Saya optimis, dengan potensi yang ada ini BUMDes akan berkembang," katanya.

Menurutnya, potensi desa harus menjadi perhatian agar keberadaan BUMDes memang membantu ekonomi masyarakat setempat.

Editor: Gokli

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit